Sunday 5 January 2014

Pendakian Gunung Merbabu, puncak kenteng songo (3142 mdpl)

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato. Yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kab Magelang di lereng sebelah Barat, Kab Boyolali di lereng sebelah Timur dan Selatan, Kota Salatiga dan Kab Semarang di lereng sebelah Utara, Provinsi Jawa Tengah.
Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut.
Gunung Merbabu mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Diatas merupakan profil dari Gunung Merbabu yang akan saya daki ini.,
sumber : WIKIPEDIA
Awalnya kami berenam sedang ngobrol ringan sehabis kuliah di kostan teman, setelah tau bahwa ada Hari libur nasional waktu itu kami pun langsung sepakat untuk mendaki :D (ketagihan ceritanya), supaya mudah transportnya maka Merbabu pun menjadi tujuan karena letaknya yang dekat dengan tempat kami berdomisili (Salatiga). Tanggal 13 oktober kami pun berangkat menuju Base camp jalur pendakian Cunthel (dengan prepare yang baik tentunya), ow ya personil kami adalah Saya sendiri (Nata), Valiq, Timo, Kristanto, Evan, Novembri dan gendutan satu kesayangan kita Yohanes angga wkwkwkwk,. Okee sesampainya di base camp kita pun mendaftarkan skuad dan memarkir kendaraan tentunya :D saat itu waktu menunjukkan pukul 3 sore, sambil istirahat sebentar hasrat akan kenarsisan pun tak tertahankan kwkwkwkwk,.
Dari kiri (Saya, Kristanto dan Timo)
 Ini Dia Yohanes angga (Gendutan kesayangan kami) wkwkwkwk.,

Suasana Base camp ..........

Lalu sekitar pukul 4 sore kita mulai dah ekspedisi kali ini hehehe *Mendramatisasi... Dengan formasi yang sama seperti waktu mendaki Lawu (Leader: Valiq , Sweeper : Saya dan Timo) sebagai informasi. Baru saja 200 meter dari Base camp gendutan kita sebut saja ma'e sudah mengaku kehabisan nafas wkwkwk., ampun deh pikir saya waktu itu,. Tidak mau menunggu lalu Saya membagi team ini menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama Valiq dan Novembri bertugas jalan dahulu dan membangun tenda di puncak pertama, kelompok kedua ada Kristanto dan Evan dan kelompok terakhir para sweeper bertugas membawa ma'e apapun yang terjadi wkwkwk (Bayangin aja baru 200 m udah ngeluh., "Sopo sik kuat"). Akhirnya setelah beristirahat sebentar ma'e pun siap untuk melangkah., wkwkwk.,. dengan catatan tas dia kami berdua yang membawa secara bergantian tentunya. Perlahan tapi pasti kelompok saya mendaki, setelah 2 jam berlalu sampailah kami di pos 1 ternyata disana menunggu dengan sabar Evan dan Kristanto wkwkwk,.(mulai capek mungkin) waktu itu jam saya menunjukkan pukul 6. menyadari malam akan tiba segera saya dan teman2 memakai jaket tebal, slayer, sarung tangan dan tidak lupa senter, mengisi tenaga dengan roti lalu minum secukupnya tidak lupa tentunya, setelah selesai kami pun bergegas karena tidak ingin terlalu malam sampai tenda tentunya (supaya bisa tidur lalu ke puncak dengan kondisi segar). wkwkwkwk tim yang semula terbagi menjadi 3 secara tak sengaja menjadi 2 ditandai dengan pertemuan tim kami dan tim ke-2 *Dalam hati berkata "Hebat juga mereka ber-2 yang di depan sana menyiapkan tempat untuk kami", dan HEBATNYAAAA gendutan kita membawa tasnya sendiri saudara2,. wkwkwk., *JEMPOL. Medan pun semakin curam, berbeda dengan lawu yang bermateri bebatuan jalan di merbabu adalah tanah berdebu, mau tak mau slayer berubah menjadi masker supaya UPIL kita tidak besar2 dan hitam tentunya wkwkwkwk.,
1 jam berlalu muncullah "Plang"
 dengan tulisan Pos 2 *dalam hati lega,. hehehe. Tim pun beristirahat sebentar mengingat keterbatasan ma'e wkwkwkwk., 15 menit cukup rasanya, perjalanan pun kami lanjutkan. 2 jam berlalu sayup2 terdengar suara yang akrab di telinga kami, "VALIQ" ya... valiq memanggil kami... kami pun membalas teriakannya dan berjalan semakin cepat, 15 menit kemudian sampailah kami di tanah yang lapang dan kami asumsikan sebagai pos 3 wkwkwkwk (karena selepas pos 2 tidak ada pos lagi sampai puncak pertama yaitu tower) dan bertemu Valiq dan Novembri. Tanpa dikomando api unggun pun kami nyalakan hehehe., ngga betah bro dinginnya. Canda tawa dan cerita tentang perjalanan tadi pun kami lakukan sambil ngopi dan makan bekal masing2.
 sekitar sejam kami beristirahat disitu, kami pun packing mematikan api <---PENTING!!! lalu melanjutkan perjalanan, kami berangkat berdasarkan tim sesuai tadi. Track yang kami hadapi bertambah curam dan licin karena didominasi tanah berdebu, melewati beberapa hutan. Angin saat itu kencang sekali dan saya baru menyadari bahwa kota di bawah kami turun hujan dengan lebatnya ditandai dengan kilat yang menyambar2, dalam hati indah bener itu kilat wkwkwkkwk.,  lalu sampailah kami pada medan terberat (menurut saya) , terdiri dari bebatuan besar dan berlandaskan tanah debu yang licin, kami pun berhati2 dalam melangkah. Saya jalan duluan sambil memilih jalur yang paling ringan supaya teman2 dapat naik mudah (padahal tetep sulit wkwkwk),. dari atas saya melihat perjuangan yang sangat mengharukan dari ma'e wkwkwk., mungkin dia terobsesi film 5 Cm jadi bukan dengan kaki dia berjalan melainkan sudah menggunakan lutut dan telapak tangan sebagai tumpuan, antara geli melihatnya dan terharu menjadi satu dalam hati saya waktu itu. Perjuangan kami pun tak sia2 dan ternyata setelah tanjakan maut itu adalah puncak pertama alias tower alias TEMPAT KITA TIDUR,. wkwkwkwk.,  Disaat yang lain masih berusaha saya pergi mencari tenda kami, ternyata banyak pendaki yang bermalam disitu, dengan berteriak saya memanggil Valiq, ketemu juga tendanya wkwkwk., lalu saya menghampiri teman2 yang juga sudah menaklukkan tanjakkan tadi. Bergegas kami masuk tenda wkwkwkwk,. tanpa pikir panjang kami pun beristirahat karena lelah dan juga untuk mempersiapkan diri untuk ke puncak esok hari,. okeeeeeee selamat tiduuuuuuuuuuuuuuuur,. :D
PAGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII MENTARIIIIIIIIIIIIII.,.,,.,
wihh., indah ya teman :D
Berjemur dulu sambil eksis deh., wkwkwk
Tim ekspedisi 2012 (dari kiri Sang Leader Valiq, dan ternyata kita kedatangan tamu seseorang yang duduk paling depan Brian yang datang dengan rombongan gerejanya, lalu ada Evan, Kristanto, Saya sendiri, Novembri dan Timo)

Sang mentari malu2 mau difoto sama cwo cakep ., wkwkwkwk

Ayo kakak masakannya d tunggu lohhhh,.,., :D

ngobrol2 bersama para pendaki lain, sharing pengalaman dll.,.

Setelah semua selesai sarapan kita pun berkemas untuk ke puncak., hehehe., sangat disayangkan ma'e tidak ikut karena kondisi yang masih lelah., Alhasil kami hanya ber-enam yang ke puncak. Hanya bermodalkan tas samping yang berisi samsu kesayangan saya berangkat bersama teman2. seperti yang sudah2 momen mendaki ke puncak merupakan momen yang paling pas buat foto2 wkwkwk,.

Beberapa pemandangan dalam perjalanan ke puncak....

WOHHH., dikit lagi gaaaaaaaaan!!!

Ini dia ulah usil para pendaki, wkwkwk., ini plang arah puncak syarif kog ada dijalan arah puncak kenteng songo -_-...

Sweeper eksis dulu., wkwkwkwk.,

Beeh ini yang paling seru., bisa dilihat setelah jalan panjang ini ada sebuah bukit sebelum puncak., itu dia track yang paling seru,. Ngga usah diceritain deh,. silahkan teman2 mencoba sendiri., kwkwkwkwk

2 jam dari pemancar berjalan penuh semangat 45 akhirnya puncak kami gapai :)

Tampak Gunung Merapi dari puncak.,

Gunung Telomoyo lalu belakangnya ngga tahu,. wkwkwkwk

Dari puncak kenteng songo butuh 10 menit untuk ke puncak Trianggulasi ini.,
 Tim minus Valiq (karena sudah lapar turun duluan wkwkwk)
 Mengibarkan Bendera Almamater tidak lupa :D
Terlihat wajah2 yang mulai lusuh., wkwkwkk,.
Sekian teman cerita dari saya :D mungkin teman berpikir buat apa sih kaya gini naik gunung dll buang2 uang dan tenaga aja,. jangan salah teman ada banyak hal yang dapat kita pelajari saat kita berada diluar zona nyaman kita,. Banyak deh,. teman2 coba saja sendiri., :D